Selasa, 07 April 2009

Apa Itu Cinta ?


Salah satu anugerah dari Tuhan adalah cinta, cinta ada di dalam setiap diri manusia, karena itu cinta bersifat universal. Cinta berkaitan dengan aspek terdalam pada diri manusia karena itu akal kita takkan mampu memahami hakikatnya dengan kata lain, cinta hanya untuk dirasakan bukan untuk dipikirkan. Sulit juga untuk dipungkiri bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup.

Cinta adalah perasaan hati, perasaan yang sangat halus, menimbulkan rasa untuk memiliki, sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Para pakar telah mendefinisikan dan memilah-milah istilah ini yang pengertiannya sangat rumit, antara lain mereka membedakan:

1. Cinta terhadap keluarga
2. Cinta terhadap teman-teman, atau philia
3. Cinta yang romantis atau juga disebut asmara
4. Cinta yang hanya merupakan hawa nafsu atau cinta eros
5. Cinta sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
6. Cinta dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
7. Cinta akan sebuah konsep tertentu
8. Cinta akan negaranya atau patriotisme
9. Cinta akan bangsa atau nasional

Dari uraian di atas kita memiliki hak untuk memilih, kita masuk dalam kategori cinta yang mana, dengan satu anjuran dari penulis tanamkanlah cinta yang hakikih di hati kita sebagai pokok utama. Yakni cinta kepada Ilahi, dengan demikian kita akan lebih mudah untuk menjalani cinta-cinta yang lainnya yang hanya bersifat sementara.

Namun dalam topik pembahasan yang dusuguhkan oleh penulis kali ini hanyalah sebatas hubungan pribadi antarlawan jenis atau cinta asmara.

Cinta, sebenarnya cinta adalah satu hal yang sangat rumit untuk dijelaskan lewat ungkapan kata-kata, karena cinta itu sendiri merupakan unsur yang abstrak, tergantung kita menilai cinta itu dari sisi yang mana. Namun demikian, bukan satu alasan yang tepat untuk berhenti mengenal cinta itu seperti apa. Karena manusia dilahirkan untuk mengenal cinta.

Cinta, bisa membangkitkan semangat yang sudah sangat rapuh, dan bisa pula menghancurkan semangat yang awalnya menggebu. Imbas dari cinta itu ada dua hal, indah atau suram. Mencintai tak harus memiliki, tapi cinta itu harus dimiliki. Cinta itu percaya pada diri kita bahwa kita mampu untuk menyayangi dan mengasihi orang yang kita cintai, dengan sumpah ketulusan yang abadi.

Cinta, satu peristiwa yang mengguncang perasaan hati, datang begitu saja tanpa alasan yang jelas. Hanya bisa menyatakan, "aku merasakan ini adalah cinta", cinta yang sesungguhnya datang tanpa perencanaan. Karena cinta tidak bisa dipaksakan seperti apa yang kita inginkan, cinta adalah pengertian. Alasan untuk mencintai juga tidak bisa diuraikan dengan ungkapan kata-kata, sama halnya dengan pengertian cinta.

Cinta, seperti apa yang anda rasa ???

2 komentar:

catatan salwangga mengatakan...

cinta, adalah cinta itu sendiri
tak butuh dipuja tak butuh dicaci
dia hanya butuh dirinya sendiri

moenthe carlo mengatakan...

bener sekali, tapi ngomong2 apa yang kita butuhkan dari cinta, kalo cinta hanya butuh dirinya sendiri ???

-peace-