Selasa, 14 April 2009

Arti Hidup ?


Hidup merupakan milik setiap manusia yang masih mempunyai peran dalam perputaran waktu di dunia ini. Jumlah manusia di dunia amat sangat banyak, oleh karena timbullah beberapa defenisi tentang hidup. Jika kita mampu memberikan defenisi tentang hidup, berarti kita telah siap untuk mejalani hidup. Bila kita mampu memberi warna yang indah dalam kehidupan, maka kebahagiaan akan kita temui. So, apa arti hidup itu?

Hidup itu adalah peluang, peluang adalah kesempatan, dan kesempatan yang sama tidaklah pernah datang dua kali. Hidup hanya sekali waktu, sudah seharusnya kita memanfaatkan peluang itu dengan sebaik-baiknya.

Hidup itu adalah pemberian, pemberian dari Tuhan, setiap pemberian yang telah kita terima haruslah kita syukuri. Mensyukuri tidaklah cukup hanya dengan kata-kata, tapi dengan perbuatan yang positif tentunya.

Hidup itu adalah kewajiban, kewajiban adalah hutang yang harus dibayar. Bagaimana kita membayar hutang tersebut, yakni dengan cara menjalani kehidupan ini dengan jalan kebaikan untuk mempertanggungjawabkannya kelak di akhirat.

Hidup itu adalah perjuangan, perjuangan itu membutuhkan mental yang kuat lahir dan bathin. Dalam berjuang bukanlah kemenangan yang kita perjuangkan, tapi kebenaranlah yang kita perjuangkan.

Hidup itu adalah lagu yang harus didendangkan, kunci penilain baik buruknya sebuah lagu bukanlah dari liriknya saja, tapi bagaimana kita mendendangkannya hingga orang-orang akan terkesima saat mendengarkannya.

Hidup itu adalah kekosongan, sesuatu yang kosong tidaklah mempunyai arti. Untuk itu kita harus mengisi kekosongan itu dengan hal-hal yang bermanfaat, hingga mencurahkan kesan yang sangat luar biasa. Sesuatu yang luar biasa akan susah untuk dilupakan.

Hidup itu adalah kenikmatan, untuk mencapai titik kenikmatan itu kita harus melalui tahapan-tahapan, tahapan-tahapan yang harus diikuti dengan teliti dan penuh kesabaran.

Hidup itu adalah persinggahan, sebuah tempat persinggahan tentulah akan kita tinggalkan suatu saat nanti. Dan sudah menjadi hukum alam, jika secara otomatis tempat tersebut akan mempunyai kenangan tersendiri buat kita, dan tentunya akan lebih indah kenangan itu jika kita memberi warna-warna indah saat berada di persinggahan itu.

Hidup itu adalah kisah yang sangat singkat, singkat berarti terbatas, terbatas untuk menuturkan kisah tentang kita dalam sebuah perjalan kehidupan, satu-satunya cara untuk memaksimalkan waktu yang sikat itu adalah dengan cara mewarnai kisah kita dengan kebaikan-kebaikan atas diri kita, orang disekitar kita, dan lingkungan di sekitar kita.

Hidup itu adalah ibadah, ibadah merupakan perbuatan yang tak lepas dari pebuatan-perbuatan yang mulia dan sudah tentu lepas dari perbuatan-perbuatan hina. Dengan begitu kita akan bisa memberi arti bagi hidup itu sendiri.

Akhir kata, apa arti hidup menurut anda ???

2 komentar:

gie mengatakan...

emang keren bgd dah...
dpt kata2 dari mna c mas???
niy bkn pujangga baru lg, tp pujangga modern

catatan salwangga mengatakan...

hidup adalah memberi. sebagaimana akar pada pohon yang selalu tulus mesuply sari pati tanah untuk menghijaukan daun, menumbuhkan buah, membesarkan kayu. akar justru akan selalu hidup dan berkembagn jika terus memberi. begitu berhenti, si akar pun mati.

pun, batang. pun, daun. pun, buah. begitu si buah ini tidak lagi memberikan dirinya untuk dimakan gembala yang berteduh dibawahnya. si buah pun akan mati.

jadi, karena hidup adalah memberi. berikan apa yang kamu miliki padaku.

loh? buntutnya koq gini :)